Judul : Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Penulis : Heri Gunawan, S.Pd., M.Ag
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 395 hal. / ( x ) mm
Sinopsis
Kurikulum
merupakan komponen yang urgen dalam pendidikan, sebab akan menjadi
panduan yang akan memandu dan membawa ke arah mana pendidikan itu ke
depan. Dengan kurikulum proses pendidikan akan sesuai dengan tujuan yang
telah ditetapkan, maka kurikulum menjadi "kitab suci"-nya pendidikan.
Intinya
dari pendidikan adalah pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan tidak akan
terlaksana dengan baik tanpa adanya pembelajaran. Karena itu, antara
pendidikan dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan, keduanya bak dua
sisi mata uang logam. Karena pembelajaran merupakan pelaksanaan dari
kurikulum itu sendiri. Kurikulum tidak akan sampai kepada peserta didik
tanpa melalui proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi aktualisasi dari
kurikulum yang bersifat konseptual, yang tertulis dalam dokumen.
Secara umum buku ini membahas hal-hal terkait dengan kurikulum dan pembelajaran mencakup:
1. Konsep kurikulum
2. Pengembangan kurikulum
3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan
4. Konsep belajar dan pembelajaran
5. Motivasi dan prestasi belajar
6. Pendekatan dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam
7. Media dan sumber pembelajaran
8. Pendidikan agama Islam di sekolah
9. Pendekatan keterampilan proses
10. Strategi pembelajaran kooperatif
11. Strategi pembelajaran kontekstual
12. Strategi pembeajaran guide note taking dan PQ4R
No comments:
Post a Comment