10/27/16

Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran - Mohammad Surya

Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran - Mohammad SuryaJudul : Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran
Penulis : Prof. Dr. H. Mohammad Surya
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 244 hal. / ( x ) mm

Sinopsis

Secara umum strategi kognitif dapat dimaknai sebagai suatu prosedur mental yang digunakan untuk mencapai tujuan kognitif mulai dari yang paling naluriah seperti penginderaan sampai pada jenjang kognitif yang lebih tinggi yaitu pengamatan, menyimpan dan mengingat, imajinasi dan berpikir. Gagne menyebutkan bahwa ""strategi kognitif merupakan salah satu hasil pembelajaran yang paling penting berupa keterampilan dalam mengatur proses internal dalam penghampiran, pemahaman, mengingat, dan berpikir". Keterampilan yang ditata secara internal itu memiliki nama yang berbeda-beda diantara para pakar. Misalnya, Bruner dalam Gagne memaknai "strategi kognitif merujuk pada proses yang digunakan dalam menemukan dan memecahkan masalah."

Strategi kognitif diperlukan dalam memeroleh hasil maksimal dari keseluruhan perilaku kognitif sebagai awal dan inti dari perilaku indvidu secara keseluruhan. Dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran strategi konitif merupakan berbagai strategi kegiatan pembelajaran agar para pembelajar secara aktif mendapatkan hasil pembelajaran secara efektif maka proses pembelajaran akan berlangsung dengan sebaik-baiknya dan mencapai hasil optimal dalam suasana yang menyenangkan.

Buku ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa yang mendalami bidang teknologi pembelajaran, khususnya calon guru pada berbagai jenis dan jenjang. Selain itu, buku ini dapat dimamfaatkan pula oleh pihak lain yang terkait dengan masalah strategi pembelajaran, baik akademisi maupun praktisi.

No comments:

Post a Comment