Judul : Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran
Penulis : Prof. Dr. H. Mohammad Surya
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 244 hal. / ( x ) mm
Sinopsis
Secara
umum strategi kognitif dapat dimaknai sebagai suatu prosedur mental
yang digunakan untuk mencapai tujuan kognitif mulai dari yang paling
naluriah seperti penginderaan sampai pada jenjang kognitif yang lebih
tinggi yaitu pengamatan, menyimpan dan mengingat, imajinasi dan
berpikir. Gagne menyebutkan bahwa ""strategi kognitif merupakan salah
satu hasil pembelajaran yang paling penting berupa keterampilan dalam
mengatur proses internal dalam penghampiran, pemahaman, mengingat, dan
berpikir". Keterampilan yang ditata secara internal itu memiliki nama
yang berbeda-beda diantara para pakar. Misalnya, Bruner dalam Gagne
memaknai "strategi kognitif merujuk pada proses yang digunakan dalam
menemukan dan memecahkan masalah."
Strategi kognitif diperlukan
dalam memeroleh hasil maksimal dari keseluruhan perilaku kognitif
sebagai awal dan inti dari perilaku indvidu secara keseluruhan. Dalam
bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran strategi konitif
merupakan berbagai strategi kegiatan pembelajaran agar para pembelajar
secara aktif mendapatkan hasil pembelajaran secara efektif maka proses
pembelajaran akan berlangsung dengan sebaik-baiknya dan mencapai hasil
optimal dalam suasana yang menyenangkan.
Buku ini dapat digunakan
sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa yang mendalami bidang teknologi
pembelajaran, khususnya calon guru pada berbagai jenis dan jenjang.
Selain itu, buku ini dapat dimamfaatkan pula oleh pihak lain yang
terkait dengan masalah strategi pembelajaran, baik akademisi maupun
praktisi.
No comments:
Post a Comment