11/21/16

Pembelajaran Konstruktivisme - Sigit

Pembelajaran Konstruktivisme - SigitJudul : Pembelajaran Konstruktivisme
Penulis : Sigit Mangun Wardoyo
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 140 hal. / ( x ) mm

Sinopsis

Pembelajaran Konstruktivisme merupakan suatu konsep pembelajaran yang didasarkan pada filosofis bahwa pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar merupakan hasil konstruksi pmbelajar. Artinya bahwa pengetahuan merupakan konstruksi yang dibangun oleh peserta didik dengan didasarkan pada pengetahuan awal yang dimiliki, dipadukan dengan pengetahuan baru atau pengalaman baru yang dimilikinya. Belajar merupakan proses mengkonstruksi pengetahuan melalui tahapan asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi.

Buku ini memberi gambaran tentang perubahan paradigma pembelajaran terkait dengan pandanga pembelajaran berpusat pada guru ke arah pembelajaran berpusat pada siswa, pandangan tentang pembelajaran berbasis buku teks atau materi ke arah pembelajaran ke arah kontekstual atau riset, dan pandangan tentang pembelajaran kognisi ke arah pembelajaran efektif, psikomotor dan konitif.

Bagaimana seoran pendidik mengembangkan profesionalismenya menjadi seorang guru? Metode seperti apa yang harus dipahami oleh seorang guru dalam mengimplementasikan pembelajaran konstruktivisme? Penilaian proses belajar seperti apa yang harus dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran kontruktivisme?

Pembaca terutama pendidik, calon guru, ataupun praktisi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan bisa menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam buku ini.

No comments:

Post a Comment