Judul : Pembelajaran Konstruktivisme
Penulis : Sigit Mangun Wardoyo
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 140 hal. / ( x ) mm
Sinopsis
Pembelajaran
Konstruktivisme merupakan suatu konsep pembelajaran yang didasarkan
pada filosofis bahwa pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar
merupakan hasil konstruksi pmbelajar. Artinya bahwa pengetahuan
merupakan konstruksi yang dibangun oleh peserta didik dengan didasarkan
pada pengetahuan awal yang dimiliki, dipadukan dengan pengetahuan baru
atau pengalaman baru yang dimilikinya. Belajar merupakan proses
mengkonstruksi pengetahuan melalui tahapan asimilasi, akomodasi, dan
equilibrasi.
Buku ini memberi gambaran tentang perubahan
paradigma pembelajaran terkait dengan pandanga pembelajaran berpusat
pada guru ke arah pembelajaran berpusat pada siswa, pandangan tentang
pembelajaran berbasis buku teks atau materi ke arah pembelajaran ke arah
kontekstual atau riset, dan pandangan tentang pembelajaran kognisi ke
arah pembelajaran efektif, psikomotor dan konitif.
Bagaimana
seoran pendidik mengembangkan profesionalismenya menjadi seorang guru?
Metode seperti apa yang harus dipahami oleh seorang guru dalam
mengimplementasikan pembelajaran konstruktivisme? Penilaian proses
belajar seperti apa yang harus dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran
kontruktivisme?
Pembaca terutama pendidik, calon guru, ataupun
praktisi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan bisa menemukan jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam buku ini.
No comments:
Post a Comment