Judul : Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer
Penulis : Dr. Rusman, M.Pd
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 344 hal. / ( - x - ) mm
Sinopsis
Perkembangan
teknologi komputer terus berkembang memasuki revolusinya yang ke-5, di
mana sistem pembelajaran harus mengintegrasikan dengan penggunaan
komputer dan internet. Sehingga pembelajaran tidak lagi teacher oriented
yang monoton dan membosankan, melainkan lebih menekankan pada kemampuan
guru untuk menciptakan kondisi belajar yang multisumber, multimedia,
humanis, demokratis dan menyenangkan. Guru merupakan ujung tombak
keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah yang terlibat langsung
dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kualitas
kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat bergantung pada perencanaan
dan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Tugas guru
bukan semata-mata mengajar (teacher oriented), tapi lebih kepada
pembelajaran siswa (children oriented). Belajar pada hakikatnya adalah
proses interaksi terhadap semua situasi dan kondisi yang ada di sekitar
individu siswa. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan
kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman belajar
yang didesain dan dipersiapkan oleh guru. Belajar juga merupakan proses
melihat, mengamati dan memahami sesuatu yang ada di sekitar siswa.
Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan
siswa. Perilaku guru adalah membelajarkan dan perilaku siswa adalah
belajar. Perilaku pembelajaran tersebut terkait dengan penciptaan
kondisi pembelajaraan yang berorientasi pada kebutuhan siswa dan
tuntutan masyarakat modern seperti sekarang ini.
No comments:
Post a Comment