Judul : Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan
Penulis : Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 304 hal. / ( x ) mm
Sinopsis
Pengalaman
empirik menunjukkan bahwa banyak sarjana umum menyatakan dirinya mampu
dan layak menjadi guru meskipun bukan seorang sarjana pendidikan. Mereka
berdalih bahwa banyak juga sarjana pendidikan justru tidak pandai atau
tidak mampu menjadi guru. Pandangan seperti ini bagi mereka yang bukan
sarjana pendidikan tentu wajar saja, tetapi bagaimana dengan para
sarjana pendidikan. Khusus bagi sarjana pendidikan yang menempuh
perkuliahan dengan proses yang benar dan berkualitas kondisi objektif
ini tentu saja dijadikan tantangan, bukan untuk diperdebatkan. Bagi
sarjana pendidikan yang memandang jabatan guru adalah amanah dan
dilakukan secara profesional, akan senantiasa terus belajar dan
membuktikan bahwa pandangan dari berbagai pihak yang kurang objektif
tersebut terhadap sarjana pendidikan tidaklah selamanya benar.
Adalah
penting guru memberikan "service exellent" agar guru dapat melayani
siswa, orang tua, dan para tamu dengan pelayanan yang prima dalam
keadaan dan kondisi bagaimanapun. Oleh sebab itu service exellent yang
diterima oleh guru dari kepala sekolah, pengawas, Dinas Pendidikan, dan
seterusnya service exellent yang diterima murid, harus mulai dibudayakan
di sekolah kita.
Layanan belajar yang berkualitas, pengembangan
kurikulum, model pembelajaran, supervisi (konsep permasalahan, tujuan,
tugas supervisor, teknik supervisi, supervisi klinis), perencanaan
kepala sekolah, membina guru bisa melakukan penelitian tindakan kelas,
prosedur dan langkah PTK bisa didapatkan dari buku ini.
Demikianlah,
buku ini memberikan pencerahan untuk meningkatkan service exellent di
sekolah dan berujung pada peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini
perlu dibaca siapa saja yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.
No comments:
Post a Comment