Judul : Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Pembelajaran
Penulis : Nandang Kosasih, Dede Sumarna
Penerbit : Alfabeta
Tahun :
Edisi/Cetakan : - / -
Halaman/Dimensi : 255 hal. / ( x ) mm
Sinopsis
Pembelajaran
adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya
proses belajar pada peserta didik. Pembelajaran merupakan suatu yang
kompleks, di mana tidak hanya sekedar transfer of knowledge atau
menyampaikan pesan kepada peserta didik akan tetapi merupakan aktivitas
profesional untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif, inspiratif,
menantang dan menyenangkan.
Pembelajaran yang baik ditandai
dengan adanya serangkaian kegiatan terencana yang melibatkan peserta
didik secara langsung dan komprehensif, baik fisik, mental maupun emosi.
Sehingga pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi
kehidupan para peserta didik.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi, khususnya yang berkaitan dengan teori pembelajaran telah
banyak mendorong dan mengilhami inovasi model-model pembelajaran.
Seiring perkembangan jaman, dunia pendidikan juga memerlukan berbagai
inovasi. Hal ini penting dilakukan untuk kemajuan kualitas pendidikan,
tidak hanya pada tataran teori tapi juga bersifat praktis.
Pembelajaran
Quantum sebagai salah satu model, strategi, dan pendekatan pembelajaran
khususnya menyangkut keterampilan guru dalam merancang, mengembangkan,
dan mengelola sistem pembelajaran menjadikan guru untuk lebih kompeten
dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menggairahkan, dan
memiliki keterampilan hidup. Model pembelajaran Quantum ini merupakan
bentuk inovasi penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam
dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup
unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan peserta didik
dalam belajar. Proses interaksi yang dilakukan di dalam Pembelajaran
Quantum pada prinsipnya mengubah kemampuan dan bakat alamiah...
No comments:
Post a Comment