Judul : Model Pembelajaran Anak Usia Dini
Penulis : Drs. H. Isjoni, M.Si, Ph.D.
Penerbit : Alfabeta
Tahun : April 2011
Edisi/Cetakan : - / Ke-3
Halaman/Dimensi : 135 hal. / (140 x 205 ) mm
Sinopsis
Masalah
utama yang dihadapi bangsa kita saat ini adalah rendahnya kualitas
hidup manusia yang ditunjukkan oleh rendahnya Indeks Pembangunan Manusia
(IPM) Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain di dunia.
Pemberdayaan
anak dipandang sebagai bagian utama peningkatan kualitas mutu hidup
manusia, karena anak adalah kelompok strategis keberlanjutan bangsa.
Dengan fokus pada anak, maka sekaligus percepatan pencapaian target
mencapai kualitas hidup manusia di tahun 2015 sebagai tujuan bersama
Millenium Development Goals (MDGs) dan World Fit For Children (WFFC)
dapat dicapai.
Salah satu upaya kongkrit yang mungkin dapat
dilakukan adalah menggalakkan keberadaan apa yang dikenal dengan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan semacam ini dapat dilakukan
dengan tidak mengenal tempat dan lokasi.
Lantas, apakah PAUD di Indonesia sudah berjalan dengan baik dan menjangkau semua sasaran?
Menurut
catatan United Nation Educational scientific and Cultural Organizations
atau UNESCO, angka partisipasi PAUD di Indonesia masih tergolong rendah
dibanding negara-negara berpenhasilan rendah di Asia lainnya. Dimana
partisipasi PAUD di Indonesia hanya 22 persen.
Buku ini
mendeskripsikan arti esensi dari PAUD untuk kemajuan anak bangsa di hari
depan. Karena itu, perlu dilakukan strategi bagaimana mengembangkan PAUD
sehingga menjadi karakteristik pendidikan bangsa dalam mencapai
keunggulan SDMnya.
No comments:
Post a Comment